Search

Kamis, 10 November 2011

Perencanaan Pembelajaran: Contoh RPP dengan Subject Specific Pedagogy (SSP)

Pengertian SSP

SSP merupakan seluruh komponen/perangkat pembelajaran yang dibutuhkan guru ketika mengajar. 




Komponen SSP meliputi:
Petikan silabus terkait dengan  Standar Kompetensi,  Kompetensi Dasar, Indikator
RPP
LKS
Kunci LKS
Kisi-kisi lembar penilaian
Lembar Penilaian
Kunci lembar penilaian
Media Pembelajaran dan 
Bahan Ajar: buku siswa




Contoh Pengembangan Pendidikan untuk Bidang Studi Biologi (Subject Spesific Pedagogy = SSP) dikembangkan dari Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) yang ada di Kelas VI Semester 1 Sekolah Dasar tentang Sistem Pernafasan Manusia. Di dalam contoh SSP yang disajikan ini meliputi seluruh komponen atau perangkat pembelajaran yang diperlukan oleh seorang guru ketika mengajar. Komponen-komponen tersebut meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Petikan Silabus yang terkait dengan SK dan KD, LKS beserta Kunci LKS/Rambu-Rambu Penyelesaian LKS, Kisi-Kisi Lembar Penilaian (LP), Kisi-Kisi LP Produk, Kisi-Kisi LP Proses, LP Produk, LP Proses dan LP Aktivitas Siswa beserta kunci LP, RPP Versi Ringkas, Media Pembelajaran yang berupa Slide Presentasi Power Point dan Model Alat Pernafasan Manusia, termasuk bahan ajarnya yang berupa Buku Siswa. Kelengkapan perangkat pembelajaran tersebut diperlukan sesuai dengan salah satu tuntutan dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang merupakan implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) pada level sekolah. Oleh karena itu, guru harus mampu mengembangkan perangkat pembelajaran secara mandiri yang dapat digunakan di kelasnya sesuai dengan karakteristik/kondisi siswa dan sekolah tersebut. Selain itu, tersedianya kelengkapan dalam perangkat pembelajaran akan mempermudah guru dalam mengajar.


Penguasaan sistem pernafasan yang ada dalam KD menuntut siswa untuk memahami konsep yang abstrak, sementara untuk siswa Kelas VI masih berada pada tahap operasional konkrit. Oleh karena itu, perlu upaya mengkonkritkan konsep abstrak yang menjadi lingkup pokok bahasan sistem pernafasan manusia dengan menggunakan model alat pernafasan manusia dan mengajak siswa untuk mampu membuat dan menggunakan model tersebut untuk memperkuat konsep siswa. Selain itu, dalam pembelajaran ini juga mengarahkan siswa agar mampu menerapkan Hukum Boyle untuk menjelaskan konsep sistem pernafasan pada manusia. Hal ini sangat penting agar siswa memiliki pengayaan dalam mengintegrasikan dengan konsep-konsep lainnya sebagai upaya membekali siswa untuk memiliki keterampilan berfikir tingkat tinggi. Keterampilan tersebut juga dilatihkan melalui menginterpretasikan data hasil kegiatan untuk menjelaskan konsep mekanisme pernafasan pada manusia.


Pelaksanaan pembelajaran dikemas melalui model pembelajaran langsung dan kooperatif. Pembelajaran langsung digunakan untuk memodelkan analogi model alat pernafasan, memodelkan mekanisme pernafasan manusia dengan menggunakan model alat pernafasan, mengkaitkan penerapan hukum Boyle pada mekanisme pernafasan manusia. Pada saat penguatan konsep-konsep tentang sistem pernafasan, siswa dibentuk dalam format kelompok dengan model pembelajaran kooperatif yang dipandu dengan LKS 1 dan LKS 2.


Penerapan strategi pembelajaran menggarisbawahi dan membuat catatan dalam bentuk matriks dengan format kelompok kooperatif, diimplementasikan ketika membimbing siswa dalam memahami konsep penyakit yang menyerang pada organ pernafasan manusia dengan dipandu LKS 3. Hal ini ditempuh agar proses internalisasi terhadap konsep yang dipelajari lebih baik.


sumber: http://andiprastowo.wordpress.com/2010/10/12/pengembangan-spp-subject-spesific-pedagogic-bid-studi-ipa/


berikut ini saya berikan beberapa contoh SSP yang mudah-mudahan dapat membantu teman-teman semua:


SSP anak-anak Universitas PGRI Yogyakarta

SSP IPS download DISINI
SSP Bahasa Indonesia IV download DISINI

SSP Matematika download DISINI
SSP PKn download DISINI
SSP Tematik kelas 2 smt. 1 download DISINI
SSP IPA download DISINI

ada juga SSP dari dunia antah berantah yang saya dapat di Web...
mungkin agak sedikit berbeda..
monggo dicoba saja:

IPS perjuangan bangsa melawan penjajah download DISINI
IPS IV memahami pentingnya koprasi download DISINI dan DISINI
SSP tematik kelas 1 tema lingkungan download DISINI
SSP tematik kelas 2tema hewan dan Tumbuhan download DISINI


4 komentar:

Abu Hamizan mengatakan...

Makasih atas berbagi infonya sobat...jadi teringat bapak yang dulu menjadi guru.Sekarang sudah pensiun bapak

Diat mengatakan...

Follow sukses. di tunggu followbacknya

chikimo mengatakan...

keren informasinya mas..jangan lupa kunjungannya st3telkom

Unknown mengatakan...

Boleh juga Di kunjungi www.momogi.id

-menyediakan berbagai makan materi pendidikan