Search

Senin, 08 Agustus 2011

IPA 1: Otot Manusia


OTOT MANUSIA

Bahasan kita kali ini ialah tentang tentang otot. Apakah kalian tau apa itu otot? Sewaktu saya kecil sebelum sekolah, otot dalam fikiran saya ialah pembuluh darah. Dengan bangganya kami menontonkan pembuluh darah yang ada ditangan dan menyebutnya sebagai otot. Hem aneh ya? Lebih baik mari kita bahas mengenai otot ini.
Otot manusia
Tulang-tulang rangka yang kita miliki tidak akan berfungsi sebagai alat gerak apabila tidak digerakkan oleh otot. Demikian jenis rambut dan rambut hanya dapat digerakkan oleh otot. Transpor makanan dalam usus atau beredarnya darah dalam pembuluh darah, juga secara tidak langsung digerakkan oleh otot. Dalam tubuh kita terdapat lebih dari 600 otot. Otot ini membentuk kira-kira berat badan secara keseluruhan. Kita sebut daging dalam bahasa sehari-hari tak lain adalah otot.
            Otot merupakan suatu jaringan.  Sel-sel otot bergabung menjadi serabutserabut otot dan kumpulan serabut-serabut otot membentuk  otot. Bentuk dan ukuran otot sangat berfareasi, ada yang berbentuk lingkaran, pipih, pendek, dan panjang. Ukurannya pun mulai dari yang sangat besar, misalnya otot pengerak bahu, sampai yang sangat kecil seperti otot pengerak mata, panjangnaya hanya beberapa milimeter saja.
            Ada tiga macam jaringan otot dalam tubuh kita, masing-masing memiliki sel-sel yang berlainan, yaitu otot rangka, otot polos, dan otot jantung.
            Nah, sudah kita ketahui kan apa itu otot... ingin mengetahui lebih lanjut? Mari kita pelajari lebih dalam mengenai jenis-jenis otot.


A.     JENIS OTOT

1.      Otot rangka
Apa itu otot rangka? Sesuai dengan namanya, otot-otot ini umumnya melekat pada rangka. Selain dinamakan otot rangka, otot ini sering disebut otot sadar, otot volunter, otot lurik atau otot seran lintang. Dinamakan otot sadar atau volunter karena otot rangka dapat dikendalikan oleh otak. Dinamakan otot lurik karena apabila dilihat dari bawah mikroskop tampak adanya daerah gelap dan terang atau garis melintang.
      Otot merupakan suatu jaringan. Sel-sel otot tergabung menjadi serabut-serabut otot dan serabut-serabut otot berkumpul menjadi suatu kesatuan yang disebut berkas otot. Beberapa berkas otot bergabung menjadi berkas otot yang lebih besar. Demikian seterusnya sehingga akhirnya berbentuk suatu otot.
      Pada umumnya otot rangka berbentuk seperti skoci, bagian tengahnya mengelembung disebut kapal dan kedua ujungnya disebut tendon (urat otot). Tendon terbuat dari jaringan ikat yang kuat dan kenyal, berguna untuk melekatkan otot pada tulang. Otot rangka akan bekerja apabila ada perintah dari otak yang disampaikan melalui syaraf.

2.      Otot polos
Pada otot polostidak terlihat suatu helaianpun garis melintang karena tidak mempunyai kendali apapun terhadap gerakan-gerakannyamaka otot ini dinamakan otot tak sadar atau otot involune. kerja otot ini tidak dipengaruhi oleh kehendak. Gerakan lamban berirama dan tidak mudah lelah. Otot polos tetap bekerja meskipun kita sedang tidur. Bagian yang tersusun atas otot polos antara lain yaitu dinding kandung kencing, dinding pembuluh darah, dinding saluran pencernaan, dinding rahim dan sekitar biji mata.


3.      Otot jantung
Kenapa disebut otot jantung ya? Alasan diberi nama otot jantung karena otot ini hanya terdapat pada jantung. Sel-sel menyerupai otot rangka, tetapi kerjanya menyerupai otot polos. Otot ini tidak dapat dikendalikan secara sadar, terus bekerja sepanjang waktu dengan gerakan berirama memompakan darah keseluruh tubuh.

B.     CARA KERJA OTOT RANGKA

Untuk suatu aktifitas otot memerlukan energi. Energi diperoleh dari pembakaran glukosa di dalam darah. Proses ini disebut metabolisme. Hasil embuangan dari proses ini adalah pembuangan dari proses ini adalah karbonoksida dan air. Saat oto bekerja darahlah yang menyediakan keprluan itu.
      Disaat kita bekerja keras atau berolah raga, otot menggunakan energi cukup banyak. Akibatnya kita bernafas lebih cepat dan jantung beretak lebih kuat untuk mengirimkan kebutuhan oksigen dan glukosa lebih banyak lagi. Otot yang bekerja akan menghasilkan panas lebih banyak lagi.
      Jika melakukan aktifitas yang banyak membutuhkan persediaan oksigen, akibatnya untuk mencukupi kebutuhan energi otot akan bekerja dengan cara lain yaitu dengan metabolisme anaerob (tanpa oksigen) untuk membebaskan energi dari glukosa. Akan tetapi metabolisme ini tidak efisien . energi yang dihasilkan hanya 19 dari pembakaran biasa untuk sejumlah garam molekul glukosa yang sama. Selain itu metabolisme ini akan menghabiskan asam laktat yang dapat menjadi racun bagi otot sehingga otot terasa nyeri dan pegal.

1.      Otot yang bergerak paling cepat
Salah satu otot rangka pada tubuh yang bergerak paling cepat ialah otot yang membuka dan menutup kelopak mata. Kita dapat berkedip 5x dalam 1 menit.(wow, seperti mata centil itu lho!)

2.      Pesan yang aneh
Pesan yang aneh adalah gerakan otot yang aneh. Otak akan mengirim perintah kepada otot melalui syaraf dan ada beberapa pesan yang belum sampai, otot memerlukan waktu beberapa detik untuk menerima intruksi yang tertinggal.

3.      Gemetar
Lebih keras kita menahan otot-otot untuk tetap diam, maka malah akan semakin keras getaran yang dihasilkan. Dalam setiap otot selalu ada serat yang berkontraksi dan ada yang berelaksasi secara bergantian. Pada setiap pergantian, otot mengalami getaran halus. Hal ini yang menyebabkan kita tidak bisa menahan tangan untuk benar-benar diam.
  download materi lengkapnya DISINI
  download power pointnya DISINI

Tidak ada komentar: