Dasar-Dasar Teori Belajar Gagne 
1) Objek belajar matematika terdiri dari objek langsung, yaitu fakta, keterampilan, 
konsep, prinsip, dan objek tak langsung, yaitu transfer belajar, kemempuan 
menyelidiki, kemampuan memecahkan masalah, disiplin pribadi dan apresiasi pada 
struktur matematika. 
2) Menurut Gagne penampilan-penampilan yang dapat diamati sebagai hasil-hasil 
belajar disebut kapabilitas. 
3) Gagne mengemukakan 5 macam kapabilitas, yaitu informasi verbal, keterampilan 
intelektual, strategi kognitif, sikap dan keterampilan motorik. 
4) Keterampilan intelektual menurut Gagne dikelompokkan ke dalam delapan tipe, 
yaitu: belajar isyarat, belajar stimulus respon, belajar rangkaian gerak, belajar 
rangkaian verbal, belajar memperbedakan, belajar pembentukan aturan, dan belajar 
pemecahan masalah. 
5) Menurut Gagne sasaran pembelajaran adalah kemampuan. Kemampuan yang 
dimaksudkan di sini adalah hasil perilaku yang bisa dianalisis. 
6) Gagne berpendapat bahwa rangkaian belajar dimulai dari prasyarat yang 
sederhana yang kemudian meningkat pada kemempuan kompleks. 
Penampilan-penampilan yang dapat diamati sebagai hasil belajar oleh Gagne 
disebut kemampuan-kemampuan. Hasil-hasil belajar dapat berupa keterampilan-
keterampilan intelektual yang memungkinkan kita berinteraksi dengan lingkungan 
melalui penggunaan simbol-simbol atau gagasan-gagasan; strategi-strategi kognitif 
yang merupakan proses-proses kontrol dan dikelompokkan sesuai dengan fungsinya, 
meliputi strategi-strategi menghafal, strategi-strategi elaborasi, strategi-strategi 
pengaturan, strategi-strategi metakognitif, dan strategi-strategi afektif. Hasil-hasil 
belajar yang lain ialah informasi verbal, sikap-sikap, dan keterampilan-keterampilan 
motorik. 
Didasarkan atas model pemrosesan informasi Gagne mengemukakan bahwa 
satu tindakan belajar meliputi delapan fase belajar yang merupakan kejadian-
kejadian eksternal yang dapat distrukturkan oleh siswa atau guru, dan setiap fase ini 
dipasangkan dengan suatu proses internal yang terjadi dalam pikiran siswa. 
Didasarkan atas analisis kejadian-kejadian belajar, Gagne menyarankan agar guru 
memperhatikan delapan kejadian instruksi waktu menyajikan suatu pelajaran pada 
sekelompok siswa. 
Berdasarkan analisisnya tentang kejadian-kejadian belajar, Gagne 
menyarankan kejadian-kejadian instruksi. Menurut Gagne, bukan hanya guru yang 
dapat memberikan instruksi; kejadian-kejadian belajarnya dapat juga diterapkan baik 
pada belajar penemuan, atau belajar di luar kelas, maupun belajar dalam kelas. Tetapi 
kejadian-kejadian instruksi yang dikemukakan Gagne ditunjukkan pada guru yang 
menyajikan suatu pelajaran pada sekelompok siswa-siswa. Kejadian-kejadian 
instruksi itu adalah : 
1. Mengaktifkan motivasi (activating motivation) 
2. Memberi tahu tujuan-tujuan belajar 
3. Mengarahkan perhatian (directing attention) 
4. Merangsang ingatan (stimulating recall) 
5. Menyediakan bimbingan belajar 
6. Meningkatkan retensi (enhancing retention) 
7. Melancarkan transfer belajar 
Implementasi Teori Belajar Gagne dalam Pembelajaran Matematika 
Dalam pembelajaran menurut Gagne peranan guru lebih banyak membimbing 
peserta didik, guru dominan sekali peranannya dalam membimbing peserta didik. Di 
dalam mengajar memberikan serentetan kegiatan dengan urutan sebagai berikut : 
- Membangkitkan dan memelihara perhatian 
- Merangsang siswa untuk mengingat kembali konsep, aturan dan keterampilan 
yang relevan sebagai prasyarat 
- Menyajikan situasi atau pelajaran baru 
- Memberikan bimbingan belajar 
- Memberikan Feedback atau balikan 
- Menilai hasil belajar 
- Mengupayakan transfer belajar 
- Memantapkan apa yang dipelajari dengan memberikan latihan-latihan untuk 
menerapkan apa yang telah dipelajari.
Search
Sabtu, 07 Mei 2011
teori belajar Gagne dan pembelajaran matematika
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar